facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

115 Gugur Termasuk 23 Anak di Bawah Umur Selama Aksi Kepulangan Akbar

Amal Mulia–Kementrian Kesehatan Palestina, pada Kamis (02/08) telah mengumumkan jumlah warganya yang syahid selama Aksi Kepulangan Akbar. Tak kurang dari 115 syuhada gugur akibat tembakan peluru Zionis di dekat perbatasan sebelah timur Gaza, pada aksi yang berlangsung sejak 30 Maret tersebut.

Juru bicara kementerian kesehatan Asyraf Qudrah dalam keteranganya mengatakan, di antara para syuhada tersebut tiga orang perempuan, dua petugas kesehatan, 23 lainnya merupakan anak-anak di bawah umur.

Sementara itu, lebih dari 17.000 orang terluka dengan jenis luka yang beragam. Tercatat 4.348 orang terluka akibat peluru tajam, 430 orang akibat peluru timah yang dibungkus karet, 593 tercekik dengan gas dan 2.700 masih terluka dengan berbagai kondisi.

Qudrah juga menjelaskan, diantara yang terluka tersebut 3.279 orang merupakan anak-anak dan 1.553 adalah wanita. Sedangkan 404 lainnya luka parah dan 4.141 luka sedang.
Terdapat juga 69 orang yang harus merelakan bagian tubuhnya diamputasi. Dengan rincian 61 orang di amputasi bagian tubuh bawah dan dua orang bagian atas. Enam orang lainnya amputasi jari.

Pada hari yang sama, organisasi HAM Internasional yang terdiri dari Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB di Wilayah Palestina, Ketua Komisi Tinggi PBB untuk HAM, dan Wakil Khusus Organisasi “UNICEF” di Negara Palestina, meminta agar anak-anak Palestina diberikan perlindungan khusus dan menjauhkan mereka dari bahaya dan cedera. Dalam laporan gabungan, mereka mengutuk serangan Israel yang menarget anak-anak dalam pawai kepulangan akbar di perbasan timur Jalur Gaza. Mereka menuntut otoritas penjajah Zionis berhenti membahayakan kehidupan anak-anak Palestina. (history/amalmulia)

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *