6 Fakta Unik Seputar Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

AMALMULIA, Palestina – Sejak beberapa bulan lalu, masyarakat Indonesia mendapat amanah dari rakyat Palestina untuk mengemban  pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia  yang berada di Khan Yunis, Gaza. Sebagai bahan inspirasi dan motivasi, berikut kami rangkumkan fakta-fakta unik seputar Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza.

 

  1. Simbol Harapan Kemerdekaan Palestina

Seperti halnya Masjid Istiqlal di Jakarta, diharapkan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza menjadi simbol kemerdekaan yang selama ini diindam-idamkan masyarakat dunia. Istiqlal sendiri dalam bahasa Indonesia berarti ‘kemerdekaan’.

 

 

  1. Pusat Halaqah Tahfizh dan Dauroh Ilmu

Masjid Istiqlal Indonesia yang sebelumnya bernama Masjid Aamiinul Ummah telah memilki 9 halaqah tahfizh dan telah melahirkan ratusan penghafal Alquran di wilayah Ma’an, Khan Yunis, Jalur Gaza.  Masyarakat  sekitar juga menggunakan masjid ini sebagai pusat dauroh ilmu rutin.

 

Baca juga: Akhir Tahun, Awal Semangat Baru Tanam Investasi Akhirat

 

  1. Berada Tepat di Sebelah Pemakaman Syuhada

Lokasi Masjid Istiqlal Indonesia berada tepat di samping pemakaman para pejuang Palestina yang gugur (syuhada). Sebelum dikebumikan, jenazah para syuhada disalatkan terlebih dahulu di masjid tersebut.

 

  1. Memilki Banyak Jemaah Usia Lanjut

Masjid Istiqlal Indonesia menjadi satu-satunya masjid  yang digunakan oleh penduduk Ma’an.  Ma’an merupakan wilayah padat penduduk yang dihuni oleh sekitar lima ribu jiwa dan banyak di antaranya  yang sudah lanjut usia.

 

  1. Hadiah Penyemangat dari Bangsa Indonesia

Sejatinya, program pembangunan masjid ini  bukan hanya mengatasnamakan satu lembaga saja, namun seluruh masyarakat Indonesia. Dengan dukungan penuh yang   dicurahkan masyarakat Indonesia, masjid tersebut menjadi  bentuk ‘hadiah’ bangsa Indonesia untuk penyemangat kemerdekaan bangsa Palestina.

 

Baca juga: Kadispora Sumatera Barat  Siap Galang Dana untuk Masjid Istiqlal Indonesia

 

  1. Didukung Berbagai Instansi dan Lembaga

Dikarenakan bukan hanya mengatasnamaan lembaga, penggalangan donasi untuk program pembangunan masjid dilakukan oleh berbagai  instansi  dan lembaga kemanusiaan serta kepalestinaan di Indonesia. Di antaranya, pemerintah Kota Padang, Kadispora Sumbar, International Aqsa Institute, Yayasan untuk Palestina, Amal Bakti Dunia Islam, dan lain sebagainya

 

Itulah fakta-fakta menarik seputar Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza.  Mari tunaikan amanah dari saudara-saudara kita di Palestina, sekaligus berikhtiar membangun rumah di surga dengan ikut berkontribusi dalam pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia. (history/amalmulia)

 

Rek donasi:

Bank Syariah Mandiri (451) 2017 00 4053

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Palestina

Konfirmasi Donasi:

Call/SMS/WA: 081 3224 9876 1 (Agus) / 081 1234 1400

WA: http://bit.ly/amalmulia