facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Amalan Istimewa yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Sya’ban

Harapanamalmulia.org – Tepat pada Sabtu, 6 April 2019 kemarin, kita memasuki bulan Sya’ban pada penanggalan hijriyah. Sya’ban merupakan bulan diangkatnya amal shaleh seorang hamba kepada Allah Swt. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Nasa’i, dikatakan bahwa Rasulullah Saw. memperbanyak shaum sunnahnya pada bulan Sya’ban agar ketika catatan amalnya ‘dilaporkan’, Ia sedang dalam kondisi yang baik (berpuasa).

Selain puasa, sejumlah amalan juga dianjurkan untuk dilakukan pada bulan ini, di antaranya:

 

1.  Memperbanyak membaca Alquran. Salah satu ibadah yang dianjurkan pada bulan Sya’ban adalah memperbanyak membaca Alquran. Salafuna Shaleh mengatakan, ‘Sya’ban adalah bulannya para pembaca Al-Qur’an’.

 

2.  Menunaikan zakat. Sebagaimana dikemukakan Anas bin Malik, bahwa kaum Muslimin bila telah memasuki bulan Sya’ban, mereka lebih giat dalam membaca Alquran juga mengeluarkan zakat mal. Ibnu Rajab Al-Hambali menambahkan, tujuannya adalah untuk menguatkan orang-orang yang lemah dan tidak mampu agar bisa merasakan kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadan.

 

Baca juga: 7 Hal yang Selalu Dirindukan Saat Ramadan

 

3.  Memperbanyak doa. Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

 

4.  Memperbanyak membaca istigfar. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, “Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan ini, Allah mengampuni dosa-dosa, memudahkan segala kesulitan, serta menghilangkan berbagai bentuk kesedihan.

 

5.  Memperbanyak mengucapkan syahadat. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan, hendaknya seseorang memperbanyak membaca dua kalimat syahadat pada malam Nisfu Sya’ban. “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya”

 

Wallahu’alam bish shawaab. (history/amalmulia)

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *