facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Ssst Kamu Harus Tau, Amalan Sederhana Berpahala Qurban

amalan yang terbaik

Untuk menghibur dan memotivasi hamba-Nya yang belum mampu berkurban, Allah yang Maha Rahman mensyariatkan sebuah amalan yang pahalanya setara dengan qurban, yaitu bersegera menunaikan Salat Jumat.

 

Harapanamalmulia.orgDalam sebuah Hadis, disebutkan bahwa umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan yang terbaik selama bulan Zulhijah. Qurban, menjadi salah satu amalan yang disyariatkan kepada umat Islam pada bulan tersebut.

Untuk menunaikan ibadah satu ini, memang memerlukan ikhtiar lebih, mengingat biayanya yang tidak murah. Namun tahukah sahabat, Allah yang Maha Rahman mensyariatkan sebuah amalan yang pahalanya serupa dengan qurban.

amalan yang terbaik

Bersegera ke masjid untuk menunaikan salat Jumat memiliki pahala yang setara dengan qurban. (Foto: Google)

Amalan tersebut menjadi penghibur sekaligus motivasi bagi hamba-Nya yang belum mampu untuk berkurban. Amalan apakah itu? Mari simak salah satu Hadis berikut:

“ Barang siapa mandi pada hari Jumat seperti mandi junub, kemudian pergi ( ke masjid ) pada waktu yang pertama, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta. Dan barang siapa yang datang pada waktu kedua, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Dan barang siapa yang datang pada waktu yang ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor domba yang bertanduk. Dan barang siapa yang datang pada waktu yang keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam. Dan barang siapa yang datang pada waktu yang kelima, maka seakan-akan dia berkurban dengan sebutir telur. Maka, jika imam telah keluar, malaikat pun bergegas untuk mendengarkan khutbah.( HR. Bukhari No. 881 dan Muslim No. 850)

 

Baca juga: Jenis Hewan Qurban Favorit Lengkap dengan Harganya

 

Dari Hadis di atas, dijelaskan bahwa bersegera menunaikan Salat Jumat di masjid, merupakan amalan yang pahalanya setara dengan qurban. Ada pun perumpamaan hewan yang dikurbankan, disesuaikan dengan ketepatan waktu salat.

Selain pahala salat Jumat yang setara dengan qurban, beberapa amalan juga menjadi menjadi lebih istimewa saat ditunaikan pada awal bulan Zulhijah.

 

Amalan Terbaik di  Sepuluh Hari Pertama Zulhijah

amalan yang terbaik

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak Zikir selama bulan Zulhijah. (Foto: Nu Online)

Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tiada hari-hari, amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini”. yakni 10 hari pertama dari bulan Dzulhijah…” (HR. Bukhari)

Hadis di atas menegaskan bahwa bulan Zulhijah menjadi salah satu bulan terbaik untuk menunaikan amalan yang terbaik. Selain qurban, dianjurkan pula untuk memperbanyak dzikir dan melaksanakan salat Id serta mendengarkan khutbahnya.

 

Baca juga: Pesan Rasulullah Tentang 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijah

 

Sahabat, bulan Zulhijah merupakan salah satu bulan disyariatkannya amalan-amalan terbaik manusia di mata Allah Swt. Momentum yang tidak terjadi sepanjang tahun tersebut, akan disayangkan apabila diisi dengan hal yang sia-sia. Semoga kita dapat menjadi hamba-hamba yang mampu memaksimalkan ibadah pada bulan Zulhijah dan meraih banyak kebaikan di dalamnya. Aamiin (history/harapanamalmulia)

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *