facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Ingin Berkurban Tahun Ini? Coba 3 Tips Jitu Berikut

Harapanamalmulia.org – Iduladha akan tiba kurang dari tiga bulan. Umat Islam  diliputi kerinduan untuk dapat menunaikan kurban.  Namun, mengingat harga hewan kurban yang tidak murah, diperlukan ikhtiar khusus agar kerinduan tersebut dapat terbayar.

Namun, mengingat harga hewan kurban yang tidak murah, maka diperlukan ikhtiar khusus agar niat tersebut dapat diwujudkan.

Ingin berkurban tahun ini? Coba 3 tips jitu berikut:

 

  1. Gunakan Rumus 3 M (Menghemat, Menabung, dan Mencari Penghasilan Tambahan)

Mengingat Idul Qurban semakin dekat, dibutuhkan ikhtiar ekstra yang dilandasi motivasi yang kuat. Berikhtiarlah dengan menghemat pengeluaran, memilih dengan cermat barang apa saja yang perlu dibeli atau tidak.

 

Selain itu, jangan lupa menabung setiap bulan agar saat tiba waktunya sahabat sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli hewan kurban.

Bukan hanya itu, sahabat juga bisa mencari penghasilan tambahan agar ikhtiar lebih maksimal.

 

  1. Berkurban Sapi Secara Patungan

”Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang” (HR. Tirmidzi no. 905, Ibnu Majah no. 3131)

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga sapi tidaklah murah. Namun hal ini dapat diakali dengan membeli sapi secara patungan. Sebagaimana Hadis di atas, sahabat bisa membagi harga sapi dengan 2-7 orang.

 

Baca juga: Antara Akikah, Membayar Utang, dan Kurban, Mana Harus Didahulukan?

 

 

  1. Mencari Informasi Hewan Kurban dengan Harga Terjangkau

Tips terakhir agar dapat berkurban tahun ini adalah memilih hewan kurban dengan harga yang lebih terjangkau. Tentunya, hewan yang dipilih haruslah memenuhi syarat-syarat syar’i. Sahabat bisa mencari dan membandingkan harga hewan kurban di situs-situs internet terpercaya.

Selain itu, sahabat juga bisa memercayakan kurban kepada lembaga penyedia jasa kurban. Dengan begitu, biaya transportasi, adminitrasi, dan resiko biaya tak terduga lainnya bisa dikurangi.

 

Sahabat, sejatinya berkurban itu bukanlah tentang mampu atau tidak, sempat atau tidak, tetapi dikehendaki Allah atau tidak. Allah-lah sebaik-baik pengatur dan pemberi rezeki. Maka ikhtiar terakhir yang tak kalah penting adalah berdoa agar Allah meridai, memapukan, dan memudahkan kita agar bisa berkurban. (history/amalmulia)

Sumber: Amalan.com, Muslim.or.id

 

 

Qurban Mulia untuk Mualaf Pedalaman Indonesia

Yayasan Harapan Amal Mulia membuka kembali peluang kebaikan bagi Sahabat semua untuk berbagi hewan kurban melalui program Qurban Mulia. Tahun ini, Qurban Mulia menjangkau saudara Muslim istimewa, yaitu para mualaf di pedalaman-pedalaman Indonesia, di antaranya di kota Cianjur, kecamatan Ciranjang, tepatnya Desa Sindangjaya, Kertajaya, Sindangsari, dan Gunungsari.

 

Mari kirimkan kurban terbaik Sahabat untuk muliakan mualaf-mualaf di pedalaman Indonesia

 

Rekening Donasi:

Bank Syariah Mandiri

(451) 2017 00 4018

a.n. Yayasan Harapan Amal Mulia

 

Call/SMS/WA: 081 1234 1400

WA: http://bit.ly/amalmulia

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *