facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Mengapa Harus Muliakan Mualaf ?

Muliakan mualaf

Harapanamalmulia.org – Pesatnya dakwah Islam dan luasnya karunia Allah telah menjadikan saudara-saudara mualaf tergerak untuk menjadikan Islam sebagai jalan hidupnya. Kita sebagai seorang yang telah lama menjadi seorang Muslim dianjurkan untuk memuliakan para mualaf. Mengapa ada anjurkan demikian?

 

Perjuangan Mereka Bisa Jadi Lebih Berat

Menjadi mualaf bukanlah perkara mudah. Setelah mengalami banyak pergulatan batin, bisa jadi mereka juga harus menerima konsekuensi lain seperti dikucilkan oleh keluarga dan teman-teman, bahkan kehilangan mata pencaharian.

Hal tersebut pernah terjadi pada zaman Rasulullah kepada keluarga Amar Bin Yassir.Saat mereka teguh mempertahankan iman,  kaum Quraisy menyiksa mereka hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca juga: Qurban Mulia Jangkau Mualaf di Pedalaman Indonesia

Itulah sebabnya mengapa Islam menganjurkan Muslim untuk melindungi dan memuliakan saudara mualaf, sebab perjuangan mereka sebagai seorang Muslim bisa jadi lebih berat.

 

Perlu Bimbingan Agar Tetap Di Jalan yang Benar

Keimanan merupakan hal mendasar yang perlu dibina secara berkelanjutan, terutama bagi mualaf. Mereka masih sangat membutuhkan bimbingan dan tauladan. Salah satu hal mudah yang yang bisa kita lakukan adalah dengan berbuat baik kepada mereka sehingga rahmat Islam dapat dirasakan lebih dekat.

Memberikan zakat menjadi salah satu bentuk bimbingan sekaligus perlindungan ekonomi terhadap yang Islam anjurkan.

 

Jalan Dakwah dan Ladang Pahala

Sungguh telah beruntung orang yang masuk Islam dan dia diberi rezeki yang cukup, dan Allah menjadikannya qana’ah (ridha; menerima) dengan apa yang Dia berikan kepadanya.” (HR. Muslim, Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Baca juga: Ingin Berkurban Tahun Ini? Coba 3 Tips Jitu Berikut

 

Sebagaimana kutipan Hadis di atas, Allah Swt.  akan mencukupi rezeki para mualaf, serta memberikan qana’ah dalam hati mereka. Hal tersebut juga menjadi bentuk karunia Allah kepada kita agar menjadi salah satu wasilah-Nya memberikan rezeki kepada para mualaf. Wallahu ’alam bish shawaab.

Iman adalah nikmat paling besar yang Allah karuniakan ke dalam dada manusia. Semoga Allah senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita dan memberikan kemudahan untuk dapat memuliakan saudara-saudara kita yang baru merasakan nikmatnya iman. (historyamalmulia)

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *