Menyokong Kebutuhan Hidup Guru Ngaji di Pedesaan

Di tengah  kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, para dai di Kecamatan Ciranjang, Cianjur terus melanjutkan dakwah sukarelanya. Harapan Amal Mulia menyalurkan bantuan untuk guru ngaji di desa mualaf tersebut.

harapanamalmulia.org – Berbagai tantangan mewarnai perjalanan dakwah para dai di pedesaan. Mulai dari jemaah yang belum istiqamah mengaji, hingga tantangan memenuhi kebutuhan sehari-hari dari jalan selain dakwah.

Itu pula yang dirasakan Khairudin atau Ustaz Khair (51 thn), salah seorang guru ngaji di Kampung Rawaselang, Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Setelah menimba ilmu dari salah satu pesantren di Bandung, Ustaz Khair memutuskan untuk mengabdi di jalan dakwah.

Ustaz Khair mengajar ngaji anak-anak Kampung Rawaselang di sebuah mushala. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Ustaz Khair mengajar ngaji anak-anak Kampung Rawaselang di sebuah mushala. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Niat mulia Ustaz Khair tidak selalu berjalan mulus. Mengingat sebagian besar warga Rawaselang merupakan kelompok pra sejahtera, beliau harus melakukan berbagai pendekatan agar jemaah ibu-ibu tetap rutin mengaji. Karena terkadang, waktu mereka banyak tersita untuk mencari nafkah di ladang dan sawah.

 

Baca juga: Di Balik Santri Sukses, Ada Guru Hebat Yang Selalu Menemani

 

Di samping itu, terdapat tujuh belas jemaah Ustaz Khair yang merupakan mualaf. Hal tersebut mengharuskan Ustaz yang juga seorang petani itu harus memberikan pendekatan yang berbeda.

Ustaz Khair menanggung kebutuhan hidup lima anggota keluarga dengan menjadi petani. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Ustaz Khair menanggung kebutuhan hidup lima anggota keluarga dengan menjadi petani. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Selain pengajian ibu-ibu, Ustaz Khair juga menjadi satu-satunya pengajar bagi lima puluh santri yang mengaji di salah satu mushala Rawaselang. Setiap sore, para santri belajar membaca Al-Quran, mendalami fiqih, dan ilmu Islam liannya kepada Ustaz Khair.

Tak kalah gigih dari Ustaz Khair, ada Ustaz Nono atau yang akrab dipanggil Bah Nono. Bah Nono lebih memusatkan dakwahnya pada pembinaan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat mualaf yang banyak tinggal di Sindangjaya.

Bah Nono, guru SD yang aktif menyiarkan dakwah di Desa Sindangjaya, Ciranjang, Cianjur. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Bah Nono, guru SD yang aktif menyiarkan dakwah di Desa Sindangjaya, Ciranjang, Cianjur. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Mualaf Sindangjaya yang sebagian besar merupakan petani sering kesulitan memenuhi kebutuhan pangan saat musim kemarau. Saat lahan sedang kering, mereka menjadi buruh serabutan. Namun penghasilan dari pekerjaan tersebut sangat tidak menentu. Akibatnya rohani masyarakat mualaf sering goyah karena keterbatasan ekonomi.

Berangkat dari keadaan demikian, Bah Nono menghadirkan berbagai kegiatan untuk mengembangkan potensi ekonomi warga. Dalam upaya tersebut, beliau pun menyelipkan pesan-pesan dakwah.

Bah Nono bersama warga mualaf dan tim Harapan Amal Mulia. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Bah Nono bersama warga mualaf dan tim Harapan Amal Mulia. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Bah Nono juga beberapa kali menghadirkan sesi diskusi agama khusus kepada para mualaf. Hingga tahun 2019, setidaknya ada dua ratus waarga mualaf yang Bah Nono bina.

Baik Ustaz Khair maupun Bah Nono, keduanya bukan berasal dari keluarga berada. Namun mereka berkomitmen untuk terus menghidupkan syiar Islam di Sindangjaya.

 

Bantuan untuk Guru Ngaji di Sindangjaya

Untuk menyokong kebutuhan hidup Ustaz Khair dan Bah Nono, kami menyalurkan bantuan insentif tunai dan paket sembako. Bantuan tersebut berasal dari amanah donatur dalam program Syiar Mulia.

Alhamdulillah, keluarga Ustaz Kahir dan Bah Nono merasa terbantu dengan bantuan tersebut. Untuk beberapa waktu, mereka bisa khusyuk berdakwah tanpa dibayang-bayangi kebutuhan pokok keluarga.

Terima kasih kami ucapkan untuk Sahabat dan Donatur Harapan Amal Mulia. Semoga kebaikan tersebut bisa kita teruskan sehingga syiar di pedesaan bisa terus menyala. (history/harapanamalmulia)

 

Salurkan dukungan terbaik untuk pejuang dakwah di desa-desa melalui tautan:

https://donasi.online/harapanamalmulia/donasi/amalsyiarislam

 

Atau melalui rekening donasi:

Bank Syariah Mandiri : 717 3138 18 5

a.n. Yayasan Harapan Amal Mulia

 

Untuk informasi lebih lanjut dan konfirmasi donasi, silakan hubungi Call Center kami, ya ☺

Call Center: 081 1234 1400