Merawat Orang Tua Termasuk Amalan Utama
Berbakti Pada Ibu

Amal Mulia-Orang tua memiliki peran dan jasa yang sangat besar terhadap kehidupan kita. Jika  sekarang kita sukses, pintar dan jadi orang hebat, tentunya semua itu juga ada peran orang tua di dalamnya. Jika bukan karena pendidikannya kita tidak akan menjadi orang yang berjaya seperti sekarang ini.

Sewaktu kecil, ketika kita belum bisa apa-apa, orang tua merawat, menyayangi, dan menjag kita. Bahkan tidak ada kata lelah, meski sebenarnya badannya begitu lelah setelah bekerja seharian. Sungguh tidak ada kecerdasan yang lebih tinggi, amal yang sangat mulia, dan pahala paling agung selain merawat orang tua dan memuliakan mereka hingga akhir hayat.

“Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah, terserah kamu apakah kamu akan menelantarkannya atau menjaga keduanya” (HR. Tirmidzi)

Maksud hadis di atas adalah surga yang paling bagus. Kebanyakan ulama berpendapat maksud pintu surga yang paling bagus adalah pintu yang paling bagus dan paling tinggi. Dengan kata lain, sebaik-baiknya sarana yang bisa menantarkan seeorang ke dalam surga dan meraih derajat yang paling tinggi adalah dengan menaati orang tua dan menjaganya.

Berkah Merawat Orang Tua

Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa salam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah? Nabi Shallallahu’alaihi wa salam menjawab “ pertama salat pada waktunya, kedua berbakti kepada kedua orangtua, ketika jihad di jalan Allah (HR. Muslim).

Sudah jelas bahwa merawat orang tua selain mendatangkan pahala dan surga, merupakan amalan yang utama yang wajib dilakukan oleh umatnya. Apalagi jika kondisi orang tua sudah sangat tua renta dan membutuhkan kita untuk menjaganya.

Kalau pun orangtua masih sehat, bugar, dan masih terlihat muda, maka kita pun wajib untuk memuliakannya. Apalagi jika seorang anak sudah berkeluarga dan tinggal jauh dari orangtuanya, wajib untuk tetap mengunjunginya. Karena sebagai orangtua pasti selalu ada rasa kangen kepada anaknya, maka sempatkan waktu untuk selalu menjenguknya atau walau hanya berbicara lewat telepon dan video call.

Jangan pernah merasa kita sudah berbakti kepada orang tua jika hanya mampu mengirim uang saja kepada mereka tanpa merawat dan menjenguknya. Tidak ada yang diharpakan dari orangtua selain bisa berjumpa dengan dan berkumpul dengan anak-anaknya. (ranny fitriani/amalmulia)