Muharam Belum Habis, Yuk Berlomba Santuni Yatim Calon Hafiz!

Muharam menjadi bulan berkah bagi anak-anak yatim. Pada saat itu, umat Islam akan berlomba memuliakan dan memberikan santunan terbaik.

 

Harapanamalmulia.orgBulan menampakkan bentuknya yang bulat sempurna, menandakan Muharam sudah memasuki pertengahannya. Muharam merupakan salah satu bulan istimewa karena pada waktu tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Bulan pertama dalam penanggalan hijriah ini juga dinanti-nanti oleh anak yatim karena adanya Hari Yatim/ Idul Yatama (10 Muharam), di mana orang-orang akan berlomba memberikan santunan anak yatim dan dhuafa.

Aktivitas pembinaan santri banyak didukung oleh donasi yatim dhuafa yang diamanahkan donatur kepada Harapan Amal Mulia. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Salah satu yang merasakan berkah bulan Muharam ini adalah anak yatim dan dhuafa di Rumah Tahfiz Istana Sufara quran (ISQ), Kabupaten Asahan yang dibina Harapan Amal Mulia. Alhamdulillah banyak dermawan yang mendukung berbagai kebutuhan santri setelah mendengar kabar tentang keadaan asrama yang serba terbatas. Sampai saat ini, ISQ dan Harapan Amal Mulia terus berikhtiar agar seluruh kebutuhan santri bisa segera dipenuhi.

 

Penunjang Belajar Santri yang Harus Segera Dipenuhi

Sekitar 43 orang santri ISQ belajar dan menghafalkan Quran di tengah berbagai keterbatasan. Meski begitu, tidak terlihat raut wajah santri yang sedih atau pun lesu karena keadaan tersebut. Itulah yang menjadi salah satu motivasi Harapan Amal Mulia untuk terus berupaya memenuhi kebutuhan fasilitas belajar santri, di antaranya:

 

  • Meja belajar. Berbulan-bulan belajar tanpa meja, akhirnya pada Agustus 2019 lalu seorang dermawan mendonasikan 30 meja lipat untuk santri. Karena meja-meja tersebut masih belum sebanding dengan jumlah santri yang ada, Harapan Amal Mulia terus berikhtiar agar seluruh santri dapat belajar dengan meja.

 

  • Meja belajar lipat menjadi salah satu fasilitas yang memudahkan santri untuk belajar Quran. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

  • Mushaf Quran. Terbatasnya mushaf Quran, terutama yang berstandar tahfiz menjadi kendala lain yang dialami santri ISQ. Saat ini hanya 9 orang santri mukim saja yang memiliki mushaf standar yang memudahkan untuk menghafal Quran.

 

  • Biaya perpanjang sewa. Asrama yang digunakan santri untuk bermukim dan belajar Alquran merupakan sebuah bangunan sederhana yang masih berstatus sewa. Setiap tahunnya, ISQ harus menyiapkan biaya sebesar sepuluh juta rupiah agar pembinaan santri bisa terus berjalan. Bulan September ini merupakan waktu habisnya masa sewa asrama.

 

Baca juga: Tuntunan dan Fadhilah Santuni Anak Yatim Saat Bulan Muharam

 

Rezeki yatim dan dhuafa sudah dijamin Allah Swt. Kebutuhan-kebutuhan di atas bisa dipenuhi dengan mudah, selama ada hamba-hamba yang berikhtiar meraih pahala dengan memenuhi kebutuhan mereka.

 

Wujudkan Harapan Yatim (dan Dhuafa) dengan Pembinaan Tahfiz Quran

Pembinaan Rumah Tahfiz Istana Sufara Quran (ISQ) merupakan salah satu wujud dari program Harapan Yatim dan Dhuafa yang digagas Harapan Amal Mulia. Program tersebut berfokus pada ikhtiar pemenuhan kebutuhan dasar dan pengembangan potensi anak yatim dan dhuafa agar memiliki kehidupan dan masa depan yang lebih baik.

Bantuan donatur untuk memenuhi kebutuhan makanan santri ISQ. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Pemenuhan kebutuhan meliputi berbagai aspek seperti kesehatan, pendidikan, serta pengasuhan anak. Sedangkan pengembangan potensi dilaksanakan berdasarkan aspek akademis, sosial, serta religius.

Mohon doa dan dukungan agar upaya Harapan Amal Mulia memuliakan anak yatim dan dhuafa senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran. (history/harapanamalmulia)

Sahabat juga bisa memuliakan yatim dan dhuafa di ISQ sekaligus memudahkan mereka menghafalkan Quran dengan memberikan donasi yatim dhuafa terbaik melalui tautan kitabisa:

>>>https://kitabisa.com/pedulihafizquran

Atau juga bisa melalui rekening donasi:

Bank Syariah Mandiri (451) 2017 00 4029

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Yatim

 

Konfirmasi donasi:

Call/WA/SMS: 081 1234 1400