Panutan Santri Tahfiz Mandiri Ada Di Sini

Layak dijadikan panutan. Santri tahfiz Istana Sufara Quran (ISQ) di Asahan yang merupakan anak yatim dan dhuafa merintis usaha sabun pencuci piring untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Harapanamalmulia.org Bermodal bahan pembuat sabun sederhana dan botol air mineral, sejumlah santri Rumah Tahfiz Istana Sufara Quran (ISQ) di Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara berkeliling menjajakan cairan pencuci piring buatan mereka kepada masyarakat sekitar asrama.

Alat dan bahan yang seadanya itu ternyata mampu menghasilkan lembaran-lembaran rupiah. Tak kurang dari tujuh puluh empat sabun terjual dengan harga  lima ribu rupiah per botol.

Sabun pencuci piring karya santri tahfiz Istana Sufara Quran (ISQ), Kabupaten Asahan. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Santri-santri tersebut bukan penghafal Quran biasa, melainkan anak-anak penerima manfaat sedekah yatim dhuafa yang diamanahkan kepada Harapan Amal  Mulia.

Sejak bulan Oktober 2018, anak-anak tersebut mendapatakan pembinaan tahfiz di ISQ. Meski begitu, bimbingan yang mereka dapatkan bukan hanya tentang menghafal Quran, tapi juga kemampuan softskill seperti wirausaha.

 

Mandiri dengan Niaga Santri

Santri ISQ memasarkan produk pencuci piring buatan mereka sendiri kepada masyarakat sekitar asrama (06/09). (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Trisna Ayu, Manager Harapan Amal Mulia yang turut memantau pembinaan santri di ISQ menyebutkan, kegiatan wirausaha dengan tajuk Niaga Santri merupakan salah satu ikhtiar agar anak-anak yatim dan dhuafa ISQ mampu menjadi pribadi yang lebih mandiri secara ekonomi.

“Kami berharap program Niaga Santri ini dapat membuat santri lebih mandiri dan mampu memenuhi kebutuhannya selama di asrama,” kata Ayu.

Baca juga: Dulunya Yatim, Kini Mereka jadi Tokoh Hebat di Dunia

 

Kedepannya, Trisna berharap agar program ini dapat terus berkembang. “ Insya Allah produk yang dibuat santri ISQ ini akan terus dikembangkan, terutama dalam merek dan kemasannya. Semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat lebih luas,”

Alhamdulillah, semakin banyak keahlian yang dibekalkan kepada santri yatim dan dhuafa di ISQ untuk kehidupan mereka yang lebih baik.

 

Semangat Wirausaha dengan Dukungan Sedekah Yatim Dhuafa

Pembinaan santri ISQ didukung oleh sedekah yatim dhuafa yang dimanahkan donatur kepada Harapan Amal Mulia. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Berbagai kegiatan positif yang dijalankan santri ISQ merupakan wujud dari dukungan sahabat yang telah mengamanahkan donasi yatim dhuafa kepada Harapan Amal Mulia.

Selama menjalani pembinaan, santri ISQ yang jumlahnya mencapai 50 anak itu tidak dibebankan dengan biaya operasional. Mereka diajak untuk untuk fokus menyerap ilmu tentang menghafal Quran dan berbagai pelatihan.

Terima kasih atas dukungan sahabat donatur. Semoga Allah melimpahkan pahala jariyah yang tak pernah terputus untuk ladang ilmu yang telah diberikan kepada santri tahfiz di ISQ. Aamiin (history/harapanamalmulia)

 

Sahabat juga bisa ikut menanam pahala jariyah dengan memenuhi kebutuhan belajar anak-anak yatim dan dhuafa di ISQ dengan memberikan donasi terbaik melalui tautan kitabisa:

https://kitabisa.com/pedulihafizquran

Atau transfer donasi Anda melalui rekening:

BSM 2017 004 018

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia

 

Mohon konfirmasi setelah transfer melalui SMS/Whatsapp: 081 1234 1400