Perjalanan Kemanusiaan Amal Mulia x BAZNAS untuk Pesantren Jawa Barat

Program kerja sama kemanusiaan antara Harapan Amal Mulia dengan BAZNAS Jabar telah menggulirkan beragam bantuan kepada sejumlah pesantren dan madrasah di Jawa Barat.

harapanamalmulia.org – Alhamdulillah, kerja sama kemanusiaan yang dijalin antara Harapan Amal Mulia dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jabar telah melahirkan banyak manfaat untuk madrasah dan pesantren yatim dhuafa di Jawa Barat.

Kebermanfaatan tersebut diikat dalam sebuah program bernama Pembinaan Pesantren dan Madrasah di Jawa Barat. Setidaknya terdapat enam madrasah dan pesantren yang merasakan manfaat program tersebut, yaitu:

  1. Pesantren Izhaarul Haq, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut
  2. Pesantren Hidayatul Fikar, Kecamatan Cicalengka, Bandung
  3. Madrasah Fatimah Az-Zahra, Kecamatan Cikancung, Bandung
  4. Madrasah Nurul Ikhwan, Kecamatan Nagreg, Bandung
  5. Yayasan Nurul Masakin, Kecamatan Sukasari, Sumedang
  6. Ma’had Tahfiz dan Ilmu Al-Quran (MTIQ) Bunyanun Marshush, Kecamatan Cileunyi, Bandung

Program Pembinaan Pesantren dan Madrasah di Jawa Barat ini setidaknya sudah berjalan sejak bulan Januari hingga Mei 2020. Selama lima bulan perjalanan tersebut, berbagai jenis bantuan digulirkan secara berkelanjutan.

 

Renovasi Fasilitas Pesantren

Kondisi kamar mandi Pesantren Hidayatul Fikar setelah direnovasi.

Kondisi kamar mandi Pesantren Hidayatul Fikar setelah direnovasi.

Pesantren Hidayatul Fikar menerima bantuan renovasi kamar mandi dan dapur dalam program ini. Kondisi dapur dan kamar mandi di pesantren tersebut memang sangat sederhana dan sudah cukup tua. Atapnya sudah banyak berlubang, terutama di bagian dapur. Hal tersebut sering menyulitkan santri yang masih menggunakan tungku tradisional untuk memasak. Berita selengkapnya klik di sini!

 

Sarana Pengajaran dan Kitab Kuning

Tim Harapan Amal Mulia serta perwakilan dari Yayasan Nurul Masakin membeli sejumlah kitab untuk santri. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Tim Harapan Amal Mulia serta perwakilan dari Yayasan Nurul Masakin membeli sejumlah kitab untuk santri. (Dok. Harapan Amal Mulia)

Program Pembinaan Pesantren dan Madrasah juga mendukung ketersediaan sarana pengajaran meliputi alat tulis dan kitab. Seperti Yayasan Nurul Masakin, Sumedang yang mendapatkan bantuan papan tulis, spidol, serta beberapa jenis kitab kuning seperti Safinah, Jurumiyah, Tijan, dan Tankihul Khaul.

 

Paket Mushaf Quran dan Sajadah

Santri putri Pesantren Izh-Haarul Haq, penerima manfaat bantuan paket Quran dan sajadah.

Santri putri Pesantren Izh-Haarul Haq, penerima manfaat bantuan paket Quran dan sajadah.

Kebutuhan mushaf Quran menjadi yang paling diprioritaskan, mengingat sebagian besar penerima manfaat merupakan pusat pembinaan tahfiz. Dalam hal ini, Izh-Haarul Haq menjadi pesantren yang menerima bantuan paket mushaf dan sajadah paling banyak yaitu 130 paket. Pesantren yang berlokasi di Garut tersebut merupakan salah satu pusat tahfiz gratis bagi anak yatim dan dhuafa.

 

Baca juga: Jangan Dulu Donasi Ke Yatim Dhuafa Sebelum Tahu Fakta Ini!

 

Bantuan Tunai untuk Guru Ngaji

Ustaz Ade dan Ustaz Roni, guru ngaji di Madrasah Nurul Ikhwan.

Ustaz Ade dan Ustaz Roni, guru ngaji di Madrasah Nurul Ikhwan.

Di antara pesantren yang mendapatkan bantuan tunai untuk guru ngaji dan sajadah adalah Madrasah Madrasah Nurul Ikhwan Nagreg, Bandung. Terdapat dua pengajar di madrasah tersebut, yaitu Ustaz Ade dan Ustaz Roni. Selama ini keduanya mengajar puluhan santri secara sukarela. Adapun untuk nafkah keluarga berusaha mereka penuhi dengan menjadi buruh tani dan pembuat batu bata.

 

Beasiswa Santri dan Alat Tulis

Santri yatim dhuafa di Madrasah Fatimah Az-Zahra menerima bantuan tunai.

Santri yatim dhuafa di Madrasah Fatimah Az-Zahra menerima bantuan tunai.

Santri Madrasah Nurul Ikhwan dan Fatimah Az-Zahra mendapatkan beasiswa dan peralatan belajar dalam program Pembinaan Pesantren dan Madrasah di Jawa Barat. Kedua madrasah tersebut merupakan tempat anak-anak yatim dan dhuafa menuntut ilmu agama. Selama Januari hingga Mei, setidaknya terdapat enam anak di dua madrasah tersebut yang menerima bantuan tunai dan perlengkapan belajar seperti tas, buku, pulpen dan lain sebagainya.

 

Bantuan Kebutuhan Pangan

Penerima manfaat donasi pesantren dalam bentuk bahan pangan.

Penerima manfaat donasi pesantren dalam bentuk bahan pangan.

Pangan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi santri, terutama yang tinggal di asrama. Program kerjasama Harapan Amal Mulia dan BAZNAS Jabar berupaya mendukung kebutuhan pangan santri dengan mengirimkan paket sembako seperti beras, telur, susu, ikan kaleng dan lain-lain. Nurul Masakin dan Izh-Zaarul Haq menjadi pesantren yang meneria bantuan tersebut.

 

Pelatihan Keterampilan

Santri MTIQ Bunyanun Marshush menerima pelatihan keterampilan sebagai pemimpin.

Santri MTIQ Bunyanun Marshush menerima pelatihan keterampilan sebagai pemimpin.

Melalui program Pembinaan Pesantren dan Madrasah di Jawa Barat, MTIQ Bunyanun Marshush mendapatkan pelatihan kepemimpinan sebagai persiapan penerimaan santri baru. Kurang lebih selama sepekan, santri menerima sejumlah materi dan sesi simulasi meliputi pelatihan konsep diri, manajemen organisasi, teori pemecahan masalah dan lain-lain.

 

Kesuksesan program tersebut tentu bukan hanya berkat apik kerja sama yang dijalin, melainkan juga berkat amanah donasi pesantren dan donasi yatim dhuafa dari donatur. (history/harapanamalmulia)

 

Mari terus dukung pesantren yatim dhuafa di berbagai wilayah Indonesia. Salurkan donasi pesantren melalui rekening:

Bank Syariah Mandiri : 717 3138 18 5

a.n. Yayasan Harapan Amal Mulia

 

Konfirmasi dan informasi: 081 1234 1400