Saling Memahami akan Menjauhkan Diri Dari Konflik
Persahabatan

Dalam sebuah hubungan apakah itu persahabatan, bisnis, organisasi atau bahkan hubungan rumah tangga tentu saja dibutuhkan saling memahami dan saling mengerti. Tanpa adanya saling memahami dan saling mengerti hanya akan menimbulkan kekuatan terhadap ego masing-masing yang berujung pada sebuah konflik.

 

Misalnya dalam hubungan rumah tangga saling memahami merupakan sebuah kunci keharmonisan sebuah hubungan. Jika seorang suami memahami bagaimana istri selama ini berada di rumah, mengurus anak-anak, mengepel, mencuci, memasak dan pekerjaan rumah tangga lainya yang setiap hari dia kerjakan, seorang suami yang memahami hal itu, dia akan mengerti ketika melihat istrinya kerepotan dia akan dengan sigap membantu sebisa yang dia bisa. Dan seorang istri yang mengerti bagaimana suaminya berjuang diluar, bekerja penuh dengan semangat dan keringat, dia akan memberikan perhatian dan pelayanan terbaiknya untuk suaminya. Ketika suami pulang kerja, istri yang memahami perjuangan suami akan menyambutnya dengan senyuman yang penuh dengan kasih sayang.

Maka jika keduanya saling memahami porsi masing-masing akan ada rasa mengerti dalam diri mereka yang berujung kepada kebaikan sebuah hubungan.

Sedangkan, jika kita menjadi orang yang egois dan tidak bisa memahami serta mengerti seseorang disamping kita, hal tersebut hanya akan menjadi pemicu sebuah konfik.

Terjadinya sebuah konflik itu artinya ada sebuah pertentangan di dalamnya, perselisihan, percecokan hingga mengakibatkan sebuah ketegangan. Tentunya bisa kita bayangkan, begitu banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya karena sebuah keegoisan.

Waktu, tenaga, pikiran kita pun akhirnya terbuang hanya karena sebuah konflik yang justru menyengsarakan semua pihak. Dari mulai terjadi konflik, lalu memuncaknya konflik tentunya membutuhkan energi, syukur-syukur kalau konflik tersebut selesai, kalau tidak selesai bertahun-tahun? Berabad-abad?

Seperti konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel yang tidak berkesudahan, yang terus terjadi selama berabad-abad lamanya. Hanya melahirkan penderitaan bagi banyak orang dan semua pihak.

Maka ingatlah selalu nasihat Rasulullah :

“Maukah kalian aku beritahu suatu hal yang nilainya jauh lebih utama dari derajat puasa, shalat,dan sedekah? Para sahabat menjawab, tentu ya Rasulullah. Kemudian beliau bersabda yaitu mendamaikan perselisihan, karena perselisihan itu membinasakan” ( HR. Abu Daud )

Palestina membutuhkan uluran tangan kita, mari kita sambut uluran tangan itu dengan memberikan dukungan berupa moril dan materi, Amal Mulia mengajak anda yang ingin meringankan beban mereka untuk berdonasi dalam meringankan beban hidup mereka, mari beramal mulia bersama Amal Mulia. (Ranny Fitriani /Amal Mulia)

Baca juga: Bangun Generasi Unggul Lewat Al-Quds Parenting