facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Jenis Hewan Qurban Favorit 2019 Lengkap dengan Harganya

donasi qurban 2019

Kurang dari dua pekan, Idulkurban akan datang. Masyarakat Muslim ramai berburu hewan qurban yang beraneka ragam jenis dan harganya.

 

Harapanamalmulia.orgPenawaran hewan qurban dengan harga menarik mulai beredar di berbagai media. Lembaga kemanusiaan pun turut meramaikan dengan membuka peluang kebaikan untuk donasi qurban di tahun 2019 atau 1440 Hijriyah ini.

Begitu juga dengan calon donatur yang ikut berlomba memberikan sedekah qurban terbaik. Kurang dari dua pekan menuju Iduladha, nuansa qurban semakin terasa. Untuk sahabat yang berencana qurban tahun ini, apakah sudah menentukan hewan jenis apa yang akan dipilih?

Mengacu dari berbagai situs pemberitaan qurban, setidaknya ada lima jenis hewan yang paling diminati oleh pembeli. Harganya variatif, mulai dari yang paling murah, sampai hewan yang paling mewah. Hewan jenis apa sajakah itu?

1. Sapi Limousin

donasi qurban 2019

Sapi Limousin, hewan qurban favorit para pejabat dengan harga puluhan juta.

Di beberapa wilayah seperti Jakarta dan Jawa Barat, sapi masih menjadi hewan qurban favorit. Sapi limousin menjadi salah satu hewan favorit yang dipilih para pejabat di Indonesia.

Sapi yang berasal  dari berasal dari Provinsi Limousin, Prancis ini bisa mencapai bobot lebih dari satu ton ketika dewasa. Daginya pun tergolong empuk, padat, dan bertekstur bagus. Mengenai harganya, Sapi limousin dengan bobot 1,8 dan berumur 2-3 tahun, dihargai sekitar Rp25.000.000 – 50.000.000.

 

2. Sapi PO (Peranakan Ongole)

Sedekah kurban

Sapi Peranakan Ongole (PO) menjadi salah satu hewan qurban favorit tahun 2019. (Foto: Google)

 Sapi PO atau lebih populer dengan sebutan sapi putih merupakan persilangan dari ongole asal India dan lokal Indonesia. Jenis sapi tersebut banyak digunakan untuk qurban kalangan menengah ke bawah. Hal itu karena harga sapi PO relatif murah. Sementara harga jual PO yang siap qurban (2 tahun ke atas), yaitu sekitar Rp17.000.000 -20.000.000.

 

3. Domba Priangan

Sedekah kurban

Domba Priangan merupakan domba unggulan yang banyak dipilih untuk dijadikan hewan kurban.

Domba jenis ini dikenal juga sebagai Domba Garut karena banyak diternakan di wilayah Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bukan domba biasa, domba jenis ini sering kali tampil di kontes adu ketangkasan domba yang menjadi tradisi masyarakat Jawa Barat.

Domba Priangan layak qurban dengan bobot paling rendah dihargai sekitar Rp 2 juta. Tentunya, bobot hewan menentukan seberapa banyak manfaat yang dapat kita bagikan.

Baca juga: Samakah Golongan Penerima Kurban dengan Zakat Fitrah?

 

4. Kambing Peranakan Etawa (PE)

Sedekah kurban

Kambing Peranakan Etawa merupakan kambing hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.

Kambing PE memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan kambing etawa, yaitu postur tubuh yang besar, telinga panjang menggantung, muka cembung, dan bulu di bagian paha belakang yang panjang. Kambing PE betina berukuran relatif lebih besar dibanding kambing lokal lainnya. Rata-rata, kambing jenis ini dihargai antara Rp 1,7 juta sampai Rp 3,5 juta.

 

5. Kambing Ekor Tipis

donasi qurban 2019

Dengan harganya yang murah, Kambing Ekor Tipis menjadi favorit banyak calon pekurban.

 Kambing ini menjadi salah satu yang banyak dicari karena harganya yang tergolong murah. Meski begitu, kualitas daging jenis ini tak kalah baik dengan Kambing Peranakan Etawa.

Lantas berapa harga salah satu hewan qurban favorit ini? Kambing jenis ini dihargai sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta.

Bagaimana sahabat, sudah menentukan hewan apa yang akan dikurbankan tahun ini? Kalau masih bingung dan merasa ribet dengan proses berkurban yang cukup rumit, ada Harapan Amal Mulia yang menawarkan kemudahan bagi kita semua.

 

Sedekah kurban

Sejumlah kemudahan berkurban di Harapan Amal Mulia.

Selain dipilihkan hewan kurban terbaik, sahabat juga dapat menghemat biaya karena tidak dipungut biaya pemotongan, distribusi, dan lain-lain. Harapan Amal Mulia juga membuka kesempatan bagi sahabat yang ingin memberikan donasi qurban dengan besaran yang tidak terbatas.

 

Yuk, berikan sedekah qurban terbaikmu di tahun ini. Semoga kita menjadi hamba-hamba yang semakin dekat dengan Sang Pencipta. (history/harapanamalmulia)

 

Sumber: Tribunnews.com, blog.kitabisa.com

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *