Selama 30 Tahun, Tak Pernah Ada yang Berqurban

Amal Mulia–Wajahnya sudah sangat berkeriput. Dengan mengenakan baju batik terbaik miliknya, Rohana (85) menemui tim Yayasan Harapan Amal Mulia yang berkunjung ke rumahnya di Kampung Lembur Luhur Rt 03/06 Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjung Jaya, Kabupaten Tasikmalaya.

‘’Tos 30 tahun jadi ketua RT, teu aya warga anu qurban (sudah 30 tahun menjadi ketua RT, tidak pernah ada warga yang melakukan qurban,red),’’jelas Rohana, belum lama ini.

Menurut Rohana, kondisi ekonomi warga Kampung Lembur Luhur rata-rata berada di bawah garis kemiskinan. Sebagian besar rumah di kampungnya, kata dia, masih berupa rumah semi permanen dengan dinding bilik, lantai kayu, ataupun lantai yang disemen biasa.

Pekerjaan warganya, kata pria yang berkopiah ini, sebagian besar merupakan buruh tani. Warganya, menggarap lahan sawah dan lading milik orang lain.

‘’Panennya kenging maro (hasil panen dapat dari pembagian (pemilik,red),’’jelas Rohana.

Akan menjadi kebahagiaan tersendiri, kata Rohana, jika kampungnya memperoleh bantuan hewan qurban pada Idul Adha 1439 H nanti. Pasalnya, kata dia, warganya, termasuk dirinya tidak pernah memotong hewan qurban dan merecah dagingnya untuk dibagikan.

Masih banyak saudara-saudara kita yang tidak pernah memperoleh kebahagiaan saat Idul Adha. Mari kita ulurkan tangan dan menyalurkan sebagian rezeki kita dalam program Qurban Mulia untuk Bahagiakan Mereka. (rifa/amal mulia)

 

Baca Juga:
Kandang Domba pun Telah Beralih Berfungsi