WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami akan membantu anda. Silahkan tanyakan kepada kami.
Hi, ada yang bisa kami bantu ?
Simak! Cara Ini Bisa Buat Harta Kita Abadi Selamanya

Berbekal potensi yang dimilki, berbagai upaya dikerahkan untuk mengumpulkan pundi-pundi harta. Sayangnya, saat kita meninggal dunia, tak ada satu rupiah pun yang dapat memberi manfaat bagi tuannya di akhirat. Lalu adakah jalan keluar yang bisa ditempuh?

 

Harapanamalmulia.org – Pernahkah terbayang tentang bagaimana kehidupan kita di akhirat kelak? Ngeri rasanya saat mengingat hari-hari kita lebih banyak digunakan untuk mencari harta daripada pahala. Sedangkan, berdoa saja tidak cukup menjamin kita selamat di akhirat, mengingat banyaknya maksiat dapat menghalangi terkabulnya doa.

Mengenai persoalan ini, sebenarnya harta kita mempunyai peranan besar dalam terkabulnya sebuah doa. Syaratnya, harta tersebut harus diinvestasikan dalam bentuk sedekah. Harapan Amal Mulia, yayasan yatim piatu Jakarta Timur akan mengupas tentang bagaimana hal-hal tersebut dapat saling memengaruhi.

Para ulama sepakat memperbolehkan seseorang untuk bersedekah, sebagai ikhtiar dikabulkannya sebuah doa. Ikhtiar tersebut dikenal dengan istilah tawassul. Tawassul pernah dilakukan pada zaman sahabat, sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah dalil:

Ya Allah, sesungguhnya kami dulu bertawasul kepada-Mu dengan Nabi kami maka Engkau menurunkan hujan kepada kami. Sekarang kami bertawassul kepada-Mu dengan paman Nabi kami maka turunkanlah hujan kepada kami” (H.R Bukhari).

Ilustrasi bersedekah jariyah. (Sumber: Google)

 

Berkat doa dan tawassul, Allah Swt. pun menurunkan hujan kepada mereka. Lalu sedekah seperti apa yang paling baik dalam Islam?

Mulaikan Sedekah Jariyah Saat Ini, Pahala Pasti Mengalir Abadi

Sedekah jariyah menjadi salah satu amalan paling baik dalam ajaran Islam. Bagaimana tidak, pahala sedekah jariyah ini tidak akan berhenti mengalir walaupun kita sudah meninggal dunia. Sebagaimana Rasullah Saw. bersabda:

“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim)

Baca juga: Kekayaan Utsman Bin Affan Ibarat Amal Jariyah Yang Mengalir Seperti Air

 

Mengenai bentuknya, sedekah jariyah dapat diwujudkan dalam bentuk mushaf Quran yang diwariskan, bantuan pembangunan masjid, atau bisa juga dengan harta yang dikeluarkan untuk memudahkan urusan orang-orang yang membutuhkan seperti yatim dan dhuafa.

 

Peluang Jariyah melalui Sedekah Yatim Dhuafa

Santri tahfiz di Istana Sufara Quran (ISQ), Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Harapan Amal Mulia sebagai lembaga peduli yatim membuka kesempatan bagi sahabat untuk bersedekah jariyah kepada santri yatim dan dhuafa di Istana Sufara Quran (ISQ), Kabupaten Asahan.

Di rumah tahfiz tersebut, puluhan anak yatim dan dhuafa dibina untuk menjadi seorang penghafal Quran. Pembinaan santri ISQ turut dimudahkan oleh sedekah yatim dhuafa yang diamanahkan donatur kepada Harapan Amal Mulia.

Baca juga: 5 Alasan untuk Tak Takut Sedekah di Amal Mulia

https://harapanamalmulia.org/artikel/5-alasan-untuk-tak-takut-donasi-yatim-dhuafa-di-amal-mulia/

Melalui dukungan donatur tersebut, santri-santri ISQ dapat menghafalkan Quran dengan khusyuk dan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya.

Sahabat juga bisa ikut berpartisipasi mendukung kebutuhan santri ISQ dengan memberikan kontribusi terbaik. Setiap ayat yang dibaca dan dihafalkan oleh santri, Insya Allah menjadi jariyah yang pahala dan manfaatnya terus mengalir meski kita sudah tak berada di dunia.  (history/harapanamalmulia)

Sumber: Muslim.or.id

 

Salurkan kontribusi terbaik melalui tautan kitabisa:

>>>https://kitabisa.com/pedulihafizquran
Atau juga bisa melalui rekening donasi:

Bank Syariah Mandiri (451) 2017 00 4029

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Yatim

 

Konfirmasi donasi:

Call/WA/SMS: 081 1234 1400