WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami akan membantu anda. Silahkan tanyakan kepada kami.
Hi, ada yang bisa kami bantu ?
Terlahir Prematur, Semangat Menghafal Andin Tak Pernah Kendur

Bayi yang lahir prematur memiliki beragam risiko penyakit dan gangguan pertumbuhan. Namun Andin berbeda, anak yatim dari Asahan itu justru tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mampu menghafal ayat-ayat Quran dengan cepat.

 

Harapanamalmulia.org – Alkisah di sebuah malam yang dingin di wilayah pelosok Sumatera, seorang wanita menjerit kesakitan sambil terus memegangi perut besarnya. Ia keheranan, usia kandungannya belum genap sembilan bulan tapi tanda-tanda kelahiran semakin nyata dirasa. Orang-orang dibuat kalang kabut sekaligus khawatir dengan kejadian hal itu.

Selang berapa lama, lahirlah seorang bayi perempuan cantik, berkulit  hitam manis dan diberi nama Andin. Sebagaimana cerita kelahirannya yang istimewa, Andin tumbuh menjadi anak yang luar biasa. Ia bisa menyerap informasi dan menghafal sesuatu dengan cepat, termasuk ayat-ayat Quran.

Pembinaan tahfiz Andin dan santri ISQ lainnya didukung penuh oleh donasi yatim dhuafa yang diamanahkan kepada Harapan Amal Mulia. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Kisah di atas bukan hasil reka-reka, namun benar-benar terjadi di dunia nyata. Andin Azura Pohan merupakan penerima manfaat bantuan anak yatim 2019 dari Harapan Amal Mulia, yang direalisasikan dalam bentuk pembinaan tahfiz di Istana Sufara Quran (ISQ), Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Baca juga: Muharam Belum Habis, Yuk Berlomba Santuni Yatim Calon Hafiz!

 

Berbagai prestasi telah Andin torehkan, bocah sepuluh tahun itu menjadi kebanggan keluarga besar. Sayangnya, Ayah Andin justru tidak bisa menyaksikan anaknya tumbuh dengan hebat. Saat usia Andin baru menginjak satu tahun, Ayahnya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Sejak saat itu, Ibu Andin, Lilis lah yang menjadi tulang punggung keluarga. Lilis yang hanya bekerja sebagai pegawai rumah makan itu juga yang selalu mendorong Andin untuk meraih mimpi-mimpinya.

 

Andin Ingin Jadi Guru Penghafal Quran

Harapan Amal Mulia berikhtiar mewujudkan impian Andin dan santri ISQ lainnya untuk menjadi penghafal Quran. (Dok. Harapan Amal Mulia)

                                                          

Andin memang mempunyai beragam hal istimewa termasuk mengenai cita-citanya di masa depan. Berbeda dari anak kebanyakan yang bermimpi menjadi dokter, pilot, atau astronot, Andin justru sangat ingin menjadi guru penghafal Quran. Alasannya begitu mulia, ia ingin agar ibu dan bapaknya masuk surga.

Hal tersebut terus terngiang-ngiang dalam benak Andin hingga menjadi suntikan semangat agar ia terus fokus menghafal Quran di ISQ.

Baca juga: Gapai Kecerdasan dengan Menghafal Alquran

 

Setelah pulang dari aktivitas di sekolah formal, Andin bersiap untuk menuntut ilmu di ISQ. Namun tak langsung berangkat menuju ISQ, ia meluangkan waktu beberapa puluh menit untuk mengulang dan menambah hafalan agar lancar saat melakukan setor hafalan (tasmi’) kepada guru tahfiz.

Di sepanjang perjalanan menuju ISQ pun, Andin terus mengulang-ngulang hafalannya. Tak heran, saat tiba waktu setor hafalan, ia sering mendapat pujian dari guru dan teman-teman karena kesempurnaan bacaannya.

Penyaluran donasi yatim dhuafa 2019 kepaada santri-santri ISQ dalam program Ramadhan Terbaik. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Setelah setor hafalan selesai, Andin dan santri lain di ISQ lainnya akan dibimbing secara perorangan untuk membaca Quran dengan benar. Berbagai ilmu agama pun menjadi selingan materi yang disampaikan kepada santri.

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan oleh santri reguler (non mukim) ISQ adalah menambah hafalan ayat Quran untuk disetorkan keesokan harinya.

Secara teknis pembelajaran, ISQ memiliki dua kategori santri yaitu santri mukim (yang menetap di asrama) dan santri non mukim (reguler). Dalam hal ini, penunjang belajar santri mukim dan non mukim banyak didukung oleh donasi yatim dhuafa yang diamanahkan kepada Harapan Amal Mulia.

Dengan bantuan donasi tersebut, ISQ telah melahirkan puluhan anak penghafal Quran. (history/harapanamalmulia)

 

Sahabat juga bisa mendukung aktivitas belajar anak yatim dan dhuafa Istana Sufara Quran dengan memberikan donasi terbaik melalui tautan kitabisa:

>>>https://kitabisa.com/pedulihafizquran

 

Atau juga bisa melalui rekening donasi:

Bank Syariah Mandiri (451) 2017 00 4029

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Yatim

 

Konfirmasi donasi:

Call/WA/SMS: 081 1234 1400