Waktu yang Tepat Mengeluarkan Zakat Mal

5249 Dilihat 12 September 2022 09:41 By: Admin

Zakat mal merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Bagi Sahabat yang memiliki harta mencukupi nisab dan mencapai haul, harus mengeluarkan zakat setiap tahunnya. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat mal?

harapanamalmulia.org - Zakat mal adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam yang tercantum dalam rukun Islam. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat mal?

 

Baca juga: Cara Perhitungan Zakat Mal yang Wajib Dibayar

 

Pengertian Zakat Mal

Zakat adalah mengeluarkan sejumlah harta untuk diberikan kepada golongan orang yang berhak (mustahik zakat).

Kata ‘maal’ dalam zakat mal berarti harta atau kekayaan. Menurut Islam, harta merupakan sesuatu yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhannya.

Secara istilah, zakat mal berarti zakat yang dikenakan pada segala jenis harta yang diperoleh sesuai dengan ketentuan agama (cara yang halal).

Contoh harta dalam zakat mal yaitu uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, dan sebagainya.

Syarat Zakat Mal

Menurut UU No. 23 Tahun 2011, zakat mal meliputi logam mulia (emas, perak, dan sebagainya), uang dan surat berharga, perniagaan, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambangan, perindustrian, pendapatan dan jasa, serta rikaz.

Namun, tidak semua harta dikenakan wajib zakat mal. Hanya harta kekayaan yang memenuhi syarat tertentu. Misalnya, emas harus mencapai nisab, yaitu 85 gram.

Berikut syarat harta yang terkena kewajiban zakat mal.

  1. Kepemilikan penuh
  2. Harta diperoleh secara halal
  3. Harta dapat berkembang atau dimanfaatkan
  4. Mencukupi nisab
  5. Bebas dari utang
  6. Mencapai haul
  7. Untuk harta seperti pertanian, dapat ditunaikan saat panen.

Waktu Mengeluarkan Zakat Mal

Zakat mal dikeluarkan setelah mencapai haul. Contohnya, emas seberat 100 gram yang sudah dimiliki selama satu tahun wajib dikenakan zakat.

Pembayaran zakat mal tidak memiliki batasan waktu khusus. Membayar zakat mal dapat dilakukan sepanjang tahun selama syarat zakat mal terpenuhi.

Menurut pengamat ekonomi syariah, Irfan Syauqi Beik, banyak yang mengeluarkan zakat mal tahunan ketika Ramadhan atas alasan kemudahan dan pahala yang berlipat ganda.

 

Baca juga: Sedekah Lansia Dhuafa, Bantu Kakek Nenek Penuhi Kebutuhan

 

“Pada dasarnya zakat mal ditunaikan kalau zakat yang memerlukan haul itu dilaksanakan setiap tahun, dan untuk memudahkan, banyak yang melaksanakannya di bulan Ramadhan,” jelas Arifin dikutip dari CNNindonesia.com.

Jadi, zakat mal dapat dikeluarkan kapanpun, tanpa batasan waktu. Jangan tunda-tunda lagi zakat mal yang wajib ditunaikan. (hfz/harapanamalmulia)

Sumber: CNNIndonesia.com, BAZNAS

 

Bagikan Artikel

Kampanye

Mudahkan Segala Urusan dengan Sedekah Subuh untuk Penghafal Qur’an Palestina

Siapa yang sakit akan diangkat penyakitnya, siapa yang resah akan ditenangkan hatinya, siapa yang kesulitan akan dimudahkan segala urusannya. Semua kita dapatkan dari rutin bersedekah subuh.

...

Donasi Sekarang

Borong Pahala! Wakaf Qur’an untuk Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza - Palestina

Tabung pahala di gudangnya para penghafal Al-Quran, dengan wakaf Al-Qur’an untuk Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.