Banjir 1,5 Meter Rendam Ribuan Rumah Warga di Siak Hulu

Tim Amal Mulia ditemani salah satu warga, memantau lokasi banjir di Desa Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, pada Jumat (14/12) (Dok.Riau)

 

AMAL MULIA, Riau – Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan beberapa wilayah di Indonesia terendam banjir, salah satunya Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Prov. Riau. Ribuan rumah warga di Siak Hulu terendam, bahkan yang paling tinggi mencapai ketinggian 1,5 meter.

Selain curah hujan yang tinggi, pembukaan bendungan PLTA Koto Panjang di Kecamatan XIII Koto Kampar, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Menurut data setempat, ada empat desa yang terkena dampak banjir cukup parah di Kecamatan Siak Hulu. Di antaranya, Desa Buluh Cina, Lubuk Siam, Tanjung Balam dan Desa Teratak Buluh.

Baca juga: Bantuan dari Donatur Mulia untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Banjir Riau

Banjir di Desa Buluh Cina merendam 400 rumah rumah dengan yang ditinggali oleh 1500 jiwa. (Dok. Amal Mulia)

Warga setempat pun tak bisa menghindari imbasnya. “Dampak banjir mengakibatkan sebagian warga mengungsi,” kata Fajri Hasbi, Camat Siak Hulu dalam sebuah situs berita nasional, Kamis (13/12/2018).

Daerah terdampak banjir paling adalah Desa Teratak Buluh, dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 923 atau 2834 jiwa. Disusul Desa Lubuk Siam sebanyak 215 rumah atau 1600 jiwa. Kemudian di Buluh Cina banjir merendam 400 rumah dengan 1500 jiwa dan di Desa Tanjung Balam ada 400 rumah dengan jumlah 713 orang terkena banjir.

Tim Amal Mulia yang meninjau lokasi banjir di Desa Buluh Cina menuturkan banjir ini menyebabkan rumah-rumah warga terendam air bahkan sampai mengenai atap. Meski telah terjadi hamper sepekan, namun sebelumnya ketinggian air tak separah hari ini.

Baca juga: Dengan Pertanian Hidroponiknya, Yatim Binaan Amal Mulia Siap Wujudkan Desa Inspiratif

Banjir Riau

Tim Amal Mulia bersama salah satu perangkat desa Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar pada Jumat (14/12) (Dok. Amal Mulia)

Tim Amal Mulia yang terjun ke lokasi bencana pada Jumat (14/12) pun tak datang tanpa “buah tangan”. Dengan dukungan dari donatur, berbagai bantuan pun diserahkan kepada para korban di Desa Buluh Cina. Kali ini, bantuan yang diserahkan berupa paket sembako serta pakaian layak yang diserahkan langsung kepada salah satu perangkat desa.

Insya Allah, Amal Mulia akan terus berikhtiar membersamai para korban, baik korban bencana banjir Riau atau pun korban bencana di wilayah lain di Indonesia. Mohon doa dan dukungan agar rida Allah selalu membersamai ikhtiar kami ini. (history/amalmulia)

 

Sumber: Kompas