facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Banjir Terjang SD di Bandung, Puluhan Siswa Terjebak Derasnya Air

Banjir daerah Bandung

Harapanamalmulia.org – Banjir akibat jebolnya tanggul Cicalebak di Jalan Sukup Baru, Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung mengakibatkan rusaknya bangunan SDN Aji Tunggal. Saat banjir menerjang pada Senin (1/4/2019) sore, ratusan siswa sekolah tersebut tengah melangsungkan kegiatan belajar.

Sebelum kejadian, guru SDN 106 Aji Tunggal Cijambe Tutinah (57) menuturkan, hujan mengguyur wilayah tersebut sekitar pukul 15.15 WIB. Tiga puluh menit kemudian, ia mendengar suara cukup kecang yang kemudian diketahui merupakan suara ambruknya tanggul penahan air Kali Cicalebak yang berada tepat di belakang sekolah. Tidak lama, air masuk ke area kelas tempat Tutinah mengajar.

Banjir Daerah Bandung

Air deras limpahan tanggul Cicalebak mengakibatkan rusaknya gedung dan fasilitas SDN Aji Tunggal. (Sumber: Kompas)

Air yang datang semakin deras mengakibatkan suasana menjadi mencekam.  “Pertama airnya itu selutut, lama kelamaan langsung tinggi sepinggang orang dewasa,” tutur Tutinah, dilansir dari Detik News.

 

Baca juga: Paket Makanan untuk Korban Banjir Kampar

 

Puluhan siswa yang sedang bersamanya di kelas terlihat panik dan histeris. Khawatir air akan semakin tinggi atau menyeret siswa,  Tuntinah langsung memerintahkan mereka  naik ke atas meja.

“Saya suruh anak-anak naik ke atas meja. Terus pake bangku juga mereka berdiri. Ada yang nangis,” ujarnya.

Dari video yang beredar, derasnya air mengakibatkan anak-anak menyeberang menuju sekolah dibantu oleh orang-orang dewasa, menggunakan tongkat. (Sumber: TribunJabar.id)

 

Tutinah bersama puluhan siswa terjebak di dalam kelas. Setelah air sedikit surut, warga dan pihak lainnya membantu untuk mengevakuasi.

Kejadian tersebut juga telah mengakibatkan 50 persen bangunan SDN Aji Tunggal rusak. Buku, dan sejumlah fasilitas belajar siswa pun ikut terkena dampaknya. Bahkan, area lapangan upacara tertutupi gundukan tanah sisa banjir. (history/amalmulia)

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *