facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

5 Manfaat Kurban yang Tak Kasatmata

Manfaat Qurban

harapanamalmulia.org – Manfaat kurban tidak sekedar dilihat dari daging yang dibagikan dan mencukupi kebutuhan nutrisi yatim dhuafa. Lebih dari itu, terdapat banyak kebaikan dalam kurban yang bisa jadi tidak kita sadari.

Berikut kami rangkumkan lima manfaat kurban baik bagi ahlul kurban (orang yang berkurban) maupun bagi penerima manfaat:

 

  1. Memupuk Empati terhadap Sesama

Salah satu hikmah di balik berkurban adalah mengasah kepedulian terhadap sesama. Kepedulian tersebut ditunjukan dengan mengelurakan harta (sesuatu yang kita senangi) untuk mencukupi kebutuhan orang lain.

 

  1. Sarana Menyucikan Harta

Allah telah menitipkan hak orang lain dalam setia harta yang saat ini kita  nikmati. Sedekah menjadi syariat bersihnya harta kita dari hak-hak tersebut. Dalam hal ini, kurban menjadi sarana sedekah yang lebih luas, karena terdapat patokan harta yang harus dikeluarkan dan penerima manfaat pun menjadi semakin luas.

Baca juga: Qurban Mulia Jangkau Mualaf di Pedalaman Indonesia

 

  1. Bentuk Syukur

Di dalam Surah Al-Kautsar disebutkan bahwa kurban disyariatkan kepada seorang Muslim sebagai bentuk syukur terhadap karunia tak terhingga yang diberikan Allah Swt. “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Q.S. Al-Kautsar: 1- 3).

 

  1. Menjaga Silaturahmi

Selain kepada kaum lemah, daging kurban dapat diberikan kepada siapa pun yang kita kehendaki, salah satunya tetangga, kerabat, atau teman sejawat. Maka dari itu, salah satu manfaat kurban adalah menjadi sarana untuk membangun serta memperkuat hubungan silaturahmi antar sesama.

 

  1. Syiar Islam, Meneladani Nabi Ibrahim As.

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. (QS Ash-Shaffat: 102)

 

Ibadah kurban adalah syariat Islam yang melestarikan millah Nabi Ibrahim As., Nabi yang berjuluk Khalilullah (orang yang sangat dekat dengan Allah). (history/harapanamalmulia)

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *