facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Perjalanan Bangun Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Terus Berlanjut

Masjid Istiqlal Indonesia

Amal Mulia, Palestina – Direncanakan sejak akhir 2018, Alhamdulillah proses pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis Gaza masih terus berlanjut. Ahad, 10 Maret 2019 telah dilaksanakan penggalian tanah yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan fondasi masjid.

Amal Mulia yang bekerja sama dengan Lembaga Jisru at-Ta’awun al-Insaniyah (JTI) Turki sebagai koordinator pembangunan, menjalanin komunikasi intensif guna memastikan proyek akbar ini berjalan lancar.

Ketua JTI, Syekh Amjad Khalifa menegaskan, pembangunan masjid dipimpin oleh Kantor Teknik Qudsuna yang ahli dalam bidangnya. Mereka memantau setiap proses, menjaga kualitas, serta memastikan pembangunan masjid sesuai dengan target waktu yang ditentukan.

Panitia pembangunan sendiri dibentuk oleh Kementian Wakaf dan Urusan Agama Palestina. Tokoh agama, pejabat setempat, serta sejumlah lembaga kemanusiaan yang terlibat, khususnya JTI menjadi pihak-pihak yang mengisi struktur kepanitiaan.

Arsitektur Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Ahad, 10 Maret 2019 elah dilakukan penggalian tanah yang akan dilanjutkan dengan pembangunan fondasi masjid. (Dok. Amal Mulia)

Syekh Amjad berharap pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia selesai maksimal dalam waktu satu tahun.

Masyarakat Palestina khususnya di Khan Yunis, Gaza telah mengamanahkan penyempurnaan pembangunan sebuah masjid kepada masyarakat Indonesia. Masjid tersebut selanjutnya diberi nama Masjid Istiqlal Indonesia.

Hal tersebut disambut baik oleh berbagai pihak, khususnya Amal Mulia yang turut mendukung dan berikhtiar menunaikan amanah tersebut.

 

Baca juga: Ini Tanggapan Warga Indonesia Soal Peletakan Batu Pertama Masjid Istiqlal Indonesia

 

Sebagaimana arti Istiqlal yang berarti kemerdekaan, masjid ini menjadi simbol harapan kemerdekaan yang selama ini didamba masyarakat Palestina.

Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Sebelumnya pada Januari 2019, telah dilaksanakan peresmian dan peletakan batu pertama Masjid Istiqlal Indonesia yang bertempat di wilayah Ma’an, Khan Yunis. Acara sakral ini dihadiri sejumlah tokoh penting di Palestina. Wartawan media lokal juga hadir dan turut meliput jalannya acara.

Do’a dan dukungan pun terus mengalir dari berbagai pihak di Indonesia untuk kelancaran dan keberkahan pembangunan tersebut.

Masjid Istiqlal Gaza

Gambar Ilustrasi Masjid Istiqlal Indonesia di wilayah Ma’an, Khan Yunis, Gaza.

Kendati demikian, proses pembangunan tak selalu berjalan mulus. Ketatnya perizinan pembelian material bangunan yang diterapkan otoritas Israel,  kerap kali mengakibatkan proses pembangunan masjid menjadi terhambat.

Mohon doa dan dukungan agar pembangunan  Masjid istiqlal Indonesia di Gaza senantiasa berada dalam kemudahan dan dinaungi lindungan Allah Swt. (history/amalmulia)

Rekening donasi pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia:

Bank Syariah Mandiri

(451) 2017 00 4053

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Palestina

 

Pembagunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina juga berkolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan lainya di Indonesia:
– Kasih Palestina
– Yayasan Untuk Palestina
– Kasih Palestina
– Yayasan Untuk Palestina
– Karawang Berbagi
– Masyarakat Peduli Al-Aqsha
– Ukhuwah
– Abadi (Amal Bakti Dunia Islam)
– SSC Indonesia
– For Humanity
– Damai Aqsha Foundation
– Amal Palestina Indonesia
– Al-Iman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *