facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Setahun Aksi Kepulangan Akbar, Sampai Kapan Akan  Berjuang di Perbatasan?

1 tahun aksi kepulangan akbar

Harapanamalmulia.org – Pada hari itu, 30 Maret 2018, ribuan warga Palestina berjuang, menuntut hak mereka untuk kembali ke tanah yang direnggut otoritas Israel dalam Aksi Kepulangan Akbar. Dua pertiga dari dua juta penduduk Gaza adalah pengungsi yang berasal dari tanah yang sekarang berada di dalam genggaman Israel.

Dilaksanakan rutin setiap hari Jumat, 51 pekan sudah warga Palestina berjuang di perbatasan. Blokade ketat yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade juga menjadi alasan lain dilangsungkannya aksi tersebut.

Pada hari pertama aksi, lima belas orang gugur. Lemparan batu dibalas dengan peluru. Perlawanan ini tak pernah imbang. Meski begitu, tak ada yang berniat balik kanan dan menghentikan perjuangan.

 

Baca juga: 115 Gugur Termasuk 23 Anak di Bawah Umur Selama Aksi Kepulangan Akbar

Hasil gambar untuk Razan

Razan al-Najjar (kerudung merah muda) , perawat Palestina yang gugur pada saat berusaha membantu warga Palestina yang terluka dalam Aksi Kepulangan

Setahun berlalu, dua ratus orang warga Palestina gugur, sembilan ribu lainnya terluka. Ratusan  di antara korban luka kehilangan sebagian bagian tubuhnya. Seribu orang mengalami infeksi yang sulit diobati dengan fasilitas kesehatan Gaza yang tak memadai.

Keteguhan rakyat untuk melanjutkan Aksi Kepulangan Akbar, menegaskan bahwa tekad rakyat amat kuat untuk mencabut blokade Gaza, hidup aman dan sejahtera  tanpa hambatan pengukungan.

Hasil gambar untuk Onion boy in gaza

Mohamed Ayyash atau lebih dikenal dengan julukan “Bocah Bawang”, anak Gaza berusia 10 tahun yang viral karena masker bawangnya saat mengikuti Aksi Kepulangan Akbar.

 

Warga Palestina sepakat tak akan mengakhiri aksi ini sebelum Israel benar-benar mencabut blokadenya.

The Great Return March (Aksi Pawai Kepulangan Akbar) telah menjadi bagian dari perjuangan Palestina, dan itu akan berlanjut sampai tujuan kami terpenuhi, yaitu diakhirinya blokade Gaza,” ungkap Ismail Haniyah,  seorang tokoh Palestina.

 

Baca juga: Sniper Zionis Hentikan Mimpi Jasser Menjadi Seorang Pelari

Abu Thurayya, warga difabel Palestina yang ikut berjuang dalam Aksi Kepulangan Akbar dan gugur

 

Memperingati setahun Aksi Kepulangan Akbar, warga Palestina sepakat melakukan aksi lebih akbar yang disebut Aksi Sejuta Umat. Imbauan untuk mendatangi perbatasan didawamkan dalam berbagai kesempatan.

Lebih dari satu dekade Gaza diblokade, Palestina telah mengalami banyak kehilangan. Bukan hanya harta, namun juga nyawa. Berbagai krisis tak henti mendera dan menjamur  ke berbagai sendi kehidupan Gaza. (amalmulia/history)

 

Sumber: The Electronic Intifada

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *