facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Setengah dari Penduduk Gaza Kehilangan Anak Tercintanya

Keadaan di Gaza saat ini

Harapanamalmulia.org РPeringatan Hari Anak Palestina yang diperingati setiap tanggal lima April mengungkap data pilu tentang kehidupan anak-anak Palestina. Kantor berita Wafa menyebutkan, 45% dari kesuluruhan penduduk Jalur Gaza kehilangan  anak-anak mereka karena gugur atau pun diseret ke penjara.

Organisasi HAM Palestina menyebutkan, sebanyak sebelas anak telah gugur di tangan pasukan Israel sejak awal tahun 2019. Tahun lalu, lima puluh tujuh anak telah gugur dalam berbagai serangan. Kebanyakan dari mereka gugur dalam Aksi Kepulangan Akbar yang digelar rutin setiap hari Jumat di perbatasan Gaza.

 

Baca juga: Seruan Ratusan Yatim Gaza untuk Saudara-saudaranya di Dunia

 

Selain itu, 250 anak di bawah usia delapan belas tahun sampai saat ini masih mendekam di penjara Israel yang terkenal dengan kondisi sel yang tak manusiawi. Setiap tahunnya, rata-rata lima ratus sampai tujuh ratus anak Palestina ditangkap dan diadili militer Israel dengan tuduhan yang tak berdasar.

 

Fakta Anak-anak Palestina dalam Angka

Kantor berita Wafa juga menyebutkan, lebih dari 1 juta anak putus sekolah karena blokade dan serangan yang menghancurkan gedung-gedung sekolah. Pihak otoritas juga kerap kali menyerang sekolah di Gaza dengan dalih adanya siswa yang berusaha melukai para pemukim.

 

Baca juga: Salurkan 300 Tas Sekolah Ke Gaza, Amal Mulia Bantu Perjuangan Anak Palestina Meraih Asa

 

Selain itu, sekitar 500 ribu anak mengalami kecatatan. Korban Aksi Kepulangan Akbar mendominasi jumlah tersebut. Fasilitas kesehatan di Gaza yang terbatas tak mampu menangani luka parah yang diderita hingga terpaksa harus diamputasi.

Sekitar 3% anak-anak di Palestina terpaksa bekerja mencari penghidupan. Lebih dari setengah penduduk Gaza berada di bawah garis kemiskinan. Sebagian besar dari mereka mengandalkan bantuan kemanusiaan yang tak pasti kapan datangnya. (history/amalmulia)

Sumber: Mubasher.aljazeera.net

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *