Mushaf Quran untuk Dhuafa yang Gigih Mengaji

Bagi warga Sindangjaya, Cianjur, mushaf yang sudah usang dan robek bukanlah alasan untuk berhenti mengaji.

 

Ada berapa mushaf Quran yang terpajang di rumahmu?

 

Bu Nenah (57), hanya memiliki satu mushaf Quran yang sudah usang dan robek beberapa halamannya. Padahal, warga Desa Sindangjaya, Kecamatan Ciranjang, Cianjur ini selalu semangat belajar membaca Al-Quran bersama warga lain.

Sehari-hari, Bu Nenah aktif menjaga kebersihan Masjid Al-Husaini, yakni masjid di samping rumah sederhananya yang menjadi tempatnya menimba ilmu dan belajar mengaji. Beliau rutin membersihkan masjid tanpa menerima upah dari pihak manapun.

Suasana pengajian di Masjid Al-Husaini, Desa Sindangjaya, Cianjur (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Semangat yang sama pun ditunjukkan oleh warga desa Sindangjaya lainnya. Kendati banyak dari mereka yang sudah mulai berusia senja, warga yang mayoritasnya merupakan petani dan petambak ini selalu semangat pergi dari masjid ke masjid yang tersebar di berbagai desa untuk belajar membaca Al-Quran.

 

Baca juga: Perjalanan Dai Sebar Syiar Kepada Warga Dhuafa

Sayangnya, ada banyak musala dan masjid di desa Sindangjaya yang tidak memiliki banyak mushaf Al-Quran, salah satunya Masjid Nurul Hidayah. Hanya ada 17 mushaf yang digunakan oleh 70 jamaah. Alhasil, jamaah pengajian terpaksa menggunakan mushaf yang sama secara bergantian.

Tumpukan Quran di Masjid Nurul Hidayah, Desa Sindangjaya, Cianjur (Dok. Harapan Amal Mulia)

Tantangan beribadah bagi warga Sindangjaya tak berhenti sampai di situ. Ada banyak masjid dan musola di desa setempat yang tak mampu menampung jamaah dalam jumlah yang banyak.

 

Hanya sekitar 30 orang saja yang mampu ditampung di dalam Masjid Al-Husaini, sedangkan sisanya belajar di luar, tanpa tersedianya alas yang nyaman.

Meski begitu, jumlah jamaah di berbagai masjid di Desa Sindangjaya tidak pernah berkurang. Di bulan Ramadhan pun jamaahnya selalu penuh, sehingga sebagian besar harus salat di pelataran.

 

 

Hadiahkan Mushaf untuk Dhuafa

 

Sahabat, dengan fasilitas mushaf yang terbatas juga tempat ibadah yang kurang nyaman, warga Sindangjaya kesulitan belajar membaca Al-Quran. Tapi dengan kebaikan kita, Insya Allah hal tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Bersama Harapan Amal Mulia, mari hadiahkan mushaf Al-Quran dan sejadah untuk jamaah Desa Sindangjaya, serta keluarga dan kelompok masyarakat lainnya yang gigih belajar mengaji. Salurkan donasi terbaik dengan cara:

 

Transfer ke Rekening Donasi di bawah ini:

BCA 0083 6858 72
Mandiri 132 003 321 2342
BSM 717 313 414 7
a.n. Yayasan Harapan Amal Mulia

Atau juga bisa melalui tautan Kitabisa: kitabisa.com/amalquran

Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi : 081 1234 1400 (SMS/Whatsapp)