Yatim Inspiratif: Tak Sekedar Diberi Tapi Betekad untuk Memberi

Pemberdayaan yatim Babakan Loa, Desa Rancaekek Kulon, Kec. Rancaekek, Kabupaten Bandung oleh Amal Mulia dengan kegiatan pertanian hidroponik (25/12). (Dok. Amal Mulia)

 

“Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S Al-Baqarah: 220)

 

Bermodalkan bibit tanaman kangkung dan pemanfaatan lahan yang tak begitu luas, anak-anak yatim binaan Amal Mulia di Babakan Loa, Desa Rancaekek Kulon, Kec. Rancaekek, Kabupaten Bandung ini semangat menebar manfaat untuk umat.  Amal Mulia Yatim dengan program IDEAL (Inspirasi Desa Yatim Mulia)-nya terus berikhtiar memberdayakan mereka guna membentuk yatim yang mandiri dan mampu berbagi.

Yatim Amal Mulia

Penanaman kangkung hidroponik menggunakan sistem DFT (Deep Flow Technique)  (12/2). (Dok. Amal Mullia)

Memasuki pekan ke-tiga, program penanaman kangkung hidroponik dengan menggunkan sistem DFT (Deep Flow Technique) semakin  menunjukan perkembangan baik.  Benih-benih kangkung  kini telah tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Beberapa pekan lagi, kangkung tersebut sudah bisa dipanen dan siap disalurkan ke supermarket dan toko-toko.

Hasil penjualan tersebut akan mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari terutama kebutuhan sekolah.  Selama ini, anak-anak yatim dan dhuafa tersebut sering kali kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mereka pun tak bisa hanya mengandalkan suaka yang tak pasti.

Setelah dipanen, kangkung-kangkung tersebut akan dipasarkan ke beberapa supermarket dan toko-toko terdekat. (Dok. Amal Mulia)

Kegiatan bermanfaat ini merupakan salah satu upaya Amal Mulia Yatim dalam memuliakan dan membentuk  yatim yang mandiri sebagai wirausahawan yang unggul di usia mereka  yang masih sangat muda.

Baca juga: Dengan Pertanian Hidroponiknya, Yatim Binaan Amal Mulia Siap Wujudkan Desa Inspiratif

Sejak awal pembukaan program IDEAL, anak-anak selalu bersemangat menjalankan proses demi proses penanaman. Salah satu peserta mengungkapkan ingin menjadi sosok unggul agar dapat meraih mimpinya, serta berjanji akan membanggakan orang tua yang masih ada maupun yang telah tiada.

Yatim Amal Mulia

(Dok. Amal Mulia)

Koordinator yatim desa, Bang Jack berpesan “Mereka (anak yatim) adalah sosok yang harus kita perhatikan. Perhatian di sini bukan dalam hal finansial saja, namun kita berkewajiban memberikan perhatian juga mengarahkan mereka untuk menjadi sosok unggul dan mandiri. Sehingga orang tua mereka yang masih ada maupun telah tiada bisa tenang melihat anaknya tumbuh menjadi sosok yang dapat bertanggung jawab terhadap hidup yang dijalaninya.” (history/amalmulia)