facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Serba-serbi Layanan Qurban Online

Qurban online yang menjadi tren akhir-akhir ini termasuk  kategori wakalah  (perwakilan) yang dibolehkan oleh  sebagian besar ulama. Dalam hal ini, lembaga penyedia berperan untuk menjaga proses qurban dilaksanakan sesuai syariat.

 

Harapanamalmulia.org – Perkembangan teknologi banyak memberikan kemudahan pada sejumlah praktik muamalah. Salah satunya ibadah qurban dengan qurban online-nya. Orang yang berkurban atau memberikan sedekah qurban hanya perlu melakukan transfer kontribusi kepada lembaga penyedia dengan besaran yang telah disepakati.

Setelah itu, lembaga tersebut akan melakukan pendistribusian ke wilayah yang bisa jadi tidak terjangkau oleh pekurban. Dengan begitu, penerima manfaat qurban menjadi lebih luas dan tidak terbatas.

Tapi bagaimana pandangan Islam mengenai tren qurban online ini?

 

Hukum Qurban Online

yatim dan dhuafa

Qurban Online melalui Amal Mulia menjangkau daerah terpencil seperti di Kabupaten Cianjur. (Dok. Amal Mulia tahun 2018)

Praktik qurban online termasuk dalam kategori wakalah  (perwakilan) yang dibolehkan oleh  sebagian besar ulama. Wakalah diperbolehkan karena akan memudahkan pelaksanaan ibadah. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Qudamah, seorang ulama Fikih dari Damaskus:

“(Ulama) umat ini sepakat atas kebolehan wakalah secara umum atas hajat yang perlu adanya perwakilan, karena setiap orang tidak mungkin menangani segala keperluannta sendiri sehingga ia memerlukan perwakilan untuk hajatnya,”  (Ibnu Qudamah, Al Mughni).

 

Baca juga: Jenis Hewan Qurban Favorit 2019 Lengkap dengan Harganya

 

Selain pendapat kuat dari sebagian besar ulama, qurban online juga diperbolehkan karena tidak adanya dalil jelas yang melarang hal tersebut. Maka dari itu, hukum qurban online adalah mubah.

Kendati demikian, syariat qurban harus tetap diterapkan dalam pelaksanaan qurban. Inilah sebabnya, qurban harus diwakilkan kepada lembaga atau situs yang amanah dan berpengalaman.

 

Qurban Online melalui Lembaga dan Tautan Kitabisa

sedekah qurban

Kampanye qurban mulia ke pedalaman Indonesia tahun ini.

Lembaga penyedia layanan qurban online dan situs penghimpunnya  memberikan kemudahan bagi calon pekurban. Terdapat penawaran bagi masyarakat yang hendak berkurban atau memberikan sedekah qurban tanpa dipungut biaya tambahan.

Dalam hal ini, Harapan Amal Mulia menjadi salah satu lembaga kemanusiaan terpercaya yang berpengalaman menyalurkan hewan qurban hingga ke pelosok-pelosok nusantara. Tahun 2019 ini, mualaf serta yatim dan dhuafa penghafal Alquran akan menjadi penerima manfaaat qurban.

Sahabat dapat berkontribusi untuk mengirimkan daging qurban bagi mualaf serta yatim dan dhuafa melalui portal harapanamalmulia.org atau dengan menghubungi narahubung kami via aplikasi whatsapp di 081 1234 1400.

sedekah Qurban

Kampanye qurban mulia untuk penghafal alquran di Asahan tahun ini.

Selain itu, kemudahan juga didapatkan dengan adanya situs penghimpun kebaikan, Kitabisa.com. Lembaga mitra Harapan Amal Mulia, Kasih Palestina juga menjadi salah satu yang turut menawarkan kemudahan berkurban dan bersedekah qurban melalui tautan kitabisa.com

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, qurban Kasih Palestina akan disalurkan kepada masyarakat Palestina yang membutuhkan. Calon pekurban hanya perlu berkontribusi melalui tautan yang disediakan, seperti link qurban kitabisa ini untuk mengirim qurban hingga ke Palestina.

yatim dan dhuafa

Kampanye qurban online Kasih Palestina melalui tautan Kitabisa.com.

Alhamdulillah, semakin hari semakin banyak yang menawarkan kemudahan untuk berkurban. Semoga Allah melimpahkan hidayah dan melapangkan rezeki-Nya untuk kita agar dapat melaksanakan ibadah qurban. (history/harapanamalmulia)

 

Categories :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *