Serunya Kegiatan Pembinaan Yatim Dhuafa bersama Harapan Amal Mulia

Kegiatan pembinaan rutin menjadi salah satu andalan sekaligus ciri khas program Harapan Yatim Dhuafa. Program tersebut menghadirkan beragam aktivitas positif bagi  anak-anak binaan.

 

Harapanamalmulia.orgTahukah Sahabat? Jumlah anak putus sekolah di Indonesia mencapai angka 4,5 juta. Angka yang dikeluarkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat pendidikan berperan besar terhadap keberlangsungan suatu bangsa.

Penyebabnya macam-macam, namun faktor ekonomi disebutkan menjadi hal yang menyumbang angka putus sekolah terbanyak. Termotivasi dari hal tersebut, Harapan Amal Mulia beikhtiar menghadirkan solusi dengan menghadirkan program bantuan dan menghidupkan kegiatan pembinaan.

Harapan Amal Mulia memberikan bantuan tunai dan pembinaan setiap satu bulan kepada sepuluh anak yatim dhuafa di Cicalengka. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Saat ini, anak yatim dhuafa menjadi fokus penerima manfaat program pembinaan Harapan Amal Mulia. Seperti dalam program Harapan Yatim dan Dhuafa. Selain memberikan bantuan tunai, program tersebut juga memfasilitasi anak yatim dhuafa di Kampung Pacinan, Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung untuk mendapat pembinaan secara rutin.

Yuk simak kegiatan apa saja yang dihadirkan untuk anak yatim dhuafa di Cicalengka. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi J

 

Pembinaan Tahsin dan Tahfiz Quran

Dalam program Beasiwa Harapan Yatim dan Dhuafa, kegiatan pembinaan rutin selalu diawali dengan tilawah. Setelah itu, anak-anak juga akan melakukan setor hafalan Quran kepada kakak-kakak relawan.

Anak binaan Harapan Amal Mulia dibimbing untuk menjadi penghafal Quran. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Membaca dan menghafal Quran dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak. Dengan demikian, mereka akan lebih mudah menyerap berbagai pengetahuan dan mengembangkan bakat.

 

Baca juga: Terlahir sebagai Yatim, Bagaimana Perjuangan Rasulullah Sewaktu Kecil?

 

Memantapkan Pemahaman Bidang Akademis

Kemampuan akademis juga menjadi fokus Harapan Amal Mulia dalam kegiatan pembinaan yatim dhuafa. Anak-anak binaan akan diberi materi seputar pelajaran umum. Bidang pelajarannya beragam, bisa seputar ilmu pasti, kesenian, bahkan materi keagamaan.

Materi akademis disampaikan oleh Relawan Harapan Amal Mulia kepada anak-anak binaan. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Kegiatan tersebut sangat membantu mereka untuk memahami pelajaran-pelajaran yang di sekolah. Pada akhir semester ganjil 2019 lalu, banyak di antara anak-anak binaan yang berhasil meningkatkan ranking di kelasnya.

 

Gali Jiwa Kreatif dengan Permainan Edukatif

Di akhir pembinaan, anak-anak akan dipandu untuk melakukan beragam permainan edukatif yang berbeda setiap pertemuannya. Sehari sebelum pembinaan, kakak-kakak akan menyaiapkan media-media yang dapat membantu membuat permainan lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Permainan Indonesia Pintar menjadi salah satu kegiatan edukatif yang dihadirkan kepada anak binaan. (Dok. Harapan Amal Mulia)

 

Kegiatan ini menjadi yang paling banyak digemari anak-anak binaan. Mereka bisa bermain dan belajar dengan cara-cara yang unik dan menyenangkan.

Itu tadi tiga di antara kegiatan pembinaan program Harapan Yatim dan Dhuafa. Semoga Sahabat bisa terinpirasi untuk juga ikut menebar kebaikan bagi anak yatim dhuafa di sekitar kita. (history/harapanamalmulia)

Sumber: IDNTimes

 

Sahabat juga bisa mendukung agar program pembinaan Harapan Amal Mulia di Cicalengka terus berjalan dengan memberikan donasi terbaik melalui tautan kitabisa:

https://kitabisa.com/campaign/beasiswaharapan

 

Atau melalui pilihan rekening donasi di bawah ini:

BCA: 0083 6858 72

Mandiri: 132 003 321 2342

BSM: 717 313 414 7

 

a.n. Yayasan Harapan Amal Mulia

 

Mohon konfirmasi setelah transfer melalui SMS/Whatsapp: 081 1234 1400 ya, Sahabat! 😊