facebook facebook facebook E-mail : harapanamalmulia@gmail.com, Call Center : 081 1234 1400

Tantangan Bangun Masjid Istiqlal Indonesia di Tengah Blokade Gaza

Masjid Istiqlal Indonesia

Harapanamalmulia.org – Sejak peletakan batu pertama pada Januari 2019 lalu, pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia masih terus berlanjut. Membangun sebuah masjid, apalagi masjid besar di wilayah konflik seperti Gaza tidaklah mudah. Blokade belasan tahun di Gaza menjadi salah satu penyebabnya.

“(Blokade) Memberikan pengaruh yang sangat besar. Pajak bahan bangunan lebih besar daripada di Tepi Barat”, ujar Syekh Amjad Khalifa, Direktur Jisru Ta’awun Insani sebagi koordinator pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia.

Tak mudah memang mendatangkan barang apa pun masuk ke wilayah Gaza. Ia harus masuk melalui penyebrangan komersil Israel dengan biaya tak sedikit.

 

Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia

Perkembangan terkini proses pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia (25/04).

Prosedur perizinan pihak  otoritas yang rumit juga sering kali berdampak pada terhambatnya proses pembangunan. Hal tersebut sempat terjadi pada peletakkan batu pertama masjid yang sebelumnya direncanakan digelar pada 1 Januari 2019, namun baru berhasil dilaksanakan 19 Januari 2019.

 

Baca juga: Perjalanan Bangun Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Terus Berlanjut

 

Beliau juga mengatakan, pajak bahan bangunan yang dipasok ke Gaza lebih mahal dibanding wilayah lain, seperti Tepi Barat.

“Ada kenaikan pajak pada semua jenis bahan bangunan yang lebih besar dibandingkan dengan di Tepi Barat”, ujarnya.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Proses pendirian tiang-tiang Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis, Gaza.

Menurut penuturan Syekh hidup di wilayah blokade seperti Gaza itu memang mahal. Hal tersebut dikarenakan  barang-barang yang diizinkan masuk hanya sedikit, sedangkan kebutuhan masyarakat berkali lipat lebih banyak. Maka dari itu, harga makanan, pakaian, hingga bahan bangunan sangat mahal di pasaran.

Kendati demikian, Alhamdulillah memasuki bulan keempat pembangunan, fondasi sudah selesai dibangun, tiang-tiang masjid pun sudah kokoh berdiri. Ditargetkan pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza akan rampung pada awal tahun 2020 mendatang.

Sedekah Masjid di Palestina

Pembangunan Masjid Istqilal Indonesia ditargetkan selesai pada Januari 2020 mendatang.

Membangun masjid sebagai pusat ibadah dan penghafal Alquran di Gaza menjadi tantangan sendiri bagi umat, terutama Amal Mulia dan lembaga lain yang diamanahi  sebagai jembatan kebaikan donatur.

Mohon doa dan dukungan terbaik agar  ikhtiar membangun Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza selalu diberi kemudahan dan senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt. (history/amalmulia)

Rekening donasi pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia:

Bank Syariah Mandiri

(451) 2017 00 4053

a.n Yayasan Harapan Amal Mulia Palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *